Datenschutz | AGB | Impressum

15:17 29.10.2019 - 0 Kommentare
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2015 tentang penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah sedikit banyak merubah cara siswa SMA untuk dapat masuk ke PTN. Saat ini terdapat tiga pola penerimaan mahasiswa baru, pola penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui:

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Swasta Terbaik di Jakarta yang dilakukan oleh masing-masing PTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa;

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilakukan oleh PTN secara bersama-sama dengan seleksi yang ditetapkan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa; dan/atau

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Swasta Terbaik di Jakarta secara mandiri yang dilaksanakan sendiri oleh PTN yang seleksinya diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Kemudian, informasi 5 Fakta Universitas Tarumanagara yang sangat penting adalah daya tampung. Jumlah alokasi daya tampung mahasiswa baru program sarjana pada PTN, yaitu:

Paling sedikit 50% (lima puluh persen) pada setiap program studi yang diterima melalui SNMPTN;

Paling sedikit 30% (tiga puluh persen) pada setiap program studi yang diterima melalui SBMPTN; danPaling banyak 20% (dua puluh persen) pada setiap program studi yang diterima melalui penerimaan mahasiswa baru secara mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

Siswa Berprestasi Memiliki Peluang Paling Besar

Kuota terbesar adalah 50% dari SNMPTN, hal itu berarti siswa yang memiliki prestasi terbaik dan stabil akan lebih berpeluang. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK/MAK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK/MAK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, dan portofolio akademik. https://forum.zenstudios.com/member.php?2670837-universitas Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan rekam jejak prestasi akademik di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Artinya kesiapan dan performa akademik siswa secara dini adalah hal yang sangat penting sekarang ini.

Tidak Lolos SNMPTN Masih Ada Harapan di SBMPTN dan PMB Mandiri (UM)

Apabila siswa berprestasi tidak lolos SNMPTN, tidak perlu khawatir karena masih bisa mengikuti tes lain untuk berebut kuota 50%. Namun persaingan akan semakin ketat karena siswa akan bersaing dengan semua siswa tanpa melihat prestasi akademiknya. Asalkan bisa mengerjakan tes dengan benar, maka siswa akan lolos masuk PTN.

Strategi Terbaik Menghadapi Penerimaan Mahasiswa Baru

Siswa sebaiknya mulai siap sejak dini (belajar sejak awal) sehingga memiliki prestasi akademik yang baik. Apabila memiliki prestasi akademik yang baik, maka siswa tidak perlu berebut kuota dengan semua siswa pada SBMPTN dan PMB Mandiri. Setidaknya apabila siswa tidak lolos SNMPTN, siswa masih lebih siap dari mayoritas siswa lain dalam menghadapi SBMPTN dan PMB Mandiri, sehingga kemungkinan lolos tes tertulis akan semakin besar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta.

Sistem ini terlihat lebih adil karena sistem ini melihat prestasi siswa secara berkelanjutan. Pada seleksi beberapa tahun lalu, siswa hanya cukup lolos tes tertulis saja untuk dapat masuk PTN, sehingga mengakibatkan siswa hanya belajar giat pada akhir masa studinya saja. Kemudian banyak bimbingan belajar menggelar les intensif dengan metode asal-asalan, yang mengakibatkan siswa menjadi tidak paham akan konsep pelajaran tapi hanya hafal tipe soal dan cara mengerjakan secara cepat saja.

Itulah sekilas pembahasan mengenai Strategi Menghadapi Penerimaan Mahasiswa Baru http://www.ukbuysell.com/shop.php?uid=3051 Perguruan Tinggi, semoga bermanfaat. Persiapkan diri anda lebih dini bersama kami. Seperti biasa, semoga hari anda menyenangkan.
08:19 23.10.2019 - 0 Kommentare
Biaya Kuliah Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Anda yang mungkin tidak bisa melanjutkan ke perguran tinggi negeri karena tidak berhasil lolos tes SNMPTN , atau karena kendala lainnya, jangan berkecil hati. Toh masih banyak universitas swasta yang mempunyai kwalitas bagus, tak kalah dengan universitas negeri.

Bahkan sudah banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki standar atau akreditasi sama dengan PTN, baik itu dari sisi sistem pendidikannya hingga beragam fasilitas yang di sediakan. Tak jarang malah bangunan gedung kampus swasta lebih megah dibanding kampus negeri.

Baca Juga : Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Nah, untuk anda yang bingung dalam memilih universitas swasta yang dipilih, berikut kami bagikan beberapa referensi 5 universitas swasta unggulan di Indonesia, yang bisa anda pertimbangkan salah satunya. Mana saja kira-kira? Berikut beberapa diantaranya:

Perguruan Tinggi Swasta Unggulan di Indonesia

UBAYA (Universitas Surabaya)

Bisa dibilang Kampus Swasta Terbaik, kota Surabaya menjadi salah satu kota favorit untuk mencari ilmu. Ya, di kota berlambang ikan dan buaya ini banyak sekali kampus-kampus ternama, yang bisa dipilih. Salah satunya untuk Universitas swasta UBAYA, atau kepanjangan dari Universitas Surabaya. Universitas ini hadir dengan fasilitas-fasilitas terbaik, yang terbukti sukses menelurkan sarjana berprestasi yang lulusannya berhasil mendapatkan pekerjaan bergengsi di berbagai perusahaan besar Indonesia, bahkan luar negeri. Tak sedikit pula, pejabat negeri ini yang merupakan lulusan dari universitas ini https://public.tableau.com/profile/kampus.untar#!/.

Universitas Muhamaddiyah Yogyakarta (Jogjakarta)

Universitas swasta unggulan di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Muhamaddiyah Yogyakarta. Ya, universitas yang berada di pusat kota Jogja ini memang tak perlu diragukan lagi nama besarnya. Selain unggul dalam keilmuannya, UMY juga di kenal sebagai salah satu Universitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dalam proses belajar mengajarnya. Sudah tak terhitung banyaknya Ustadz-ustadzah yang dihasilkan dari kampus ini. Adapun jurusan-jurusan terfavorit di Universitas ini diantaranya adalah fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Teknik https://works.bepress.com/aplikasi-umkm/.

Telkom University (Bandung)

Tak aneh jika Telkom University ini menjadi salah satu universitas swasta unggulan Indonesia. Ya, berada di bawah naungan perusahaan BUMN University Telkom memang sengaja di dirikan untuk dijadikan sarana mencetak sumber daya manusia ungulan, yang nantinya akan disalurkan di perusahaan tersebut. Dengan fakta tersebut, wajar bila setiap tahunnya ribuan calon mahasiswa bersaing ketat, demi bisa masuk menjadi bagian kampus ini.

Universitas Sumatera Selatan (Medan)

Universitas swasta yang menjadi favorit berikutnya adalah Binus atau Bina Nusantara. Ya, universitas swasta yang ada di Jakarta ini telah sukses menelurkan ribuan sarjana berprestasi yang sukses bekerja di berbagai perusahaan besar, bahkan tak sedikit yang berhasil mendirikan perusahaan sendiri.

Di tahun 2017 yang lalu, Universitas ini berhasil menduduki peringkat teratas, tepatnya menyabet peringkat 3 untuk kategori Universitas swasta terbaik nasional versi Webometrics. Dan sukses menempati peringkat 3231 dunia.

Universitas Trisakti (Jakarta)

Dan yang terakhir adalah Universitas Trisakti. Nama besar Trisakti tentu tak perlu diragukan lagi. Bahkan namanya lebih populer dibanding kebanyakan universitas negeri. Tiap tahunnya, kampus ini mampu meluluskan mahasiswa-mahasiswa berprestasi, dan bahkan tak sedikit yang tokoh-tokoh politik ternama serta menjadi pejabat negara. Salah satu fakultas yang difavoritkan di kampus ini adalah fakultas hukum.

Baca Juga : Deretan Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Nah, itu dia 5 Universitas swasta unggulan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Sebelum memilih kampus mana yang diinginkan, sebaiknya pastikan dulu apa keahlian dan minat anda. Lalu pilih kampus yang unggul untuk jurusan tersebut http://www.vnphoto.net/forums/member.php?u=657974.

Lainya:Sewa Bus di Semarang dan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
06:36 15.10.2019 - 0 Kommentare
Universitas Tarumanagara - Tempat Anda menimba ilmu akan memengaruhi sebagian besar kehidupan sosial dan profesional Anda di masa depan. Jadi, jangan salah menentukan keputusan mengenai institusi pendidikan yang tepat untuk diri Anda. Seperti dikutip dari Telegraph, ada sejumlah petunjuk untuk membantu Anda menemukan universitas yang tepat untuk melanjutkan studi. Apa saja?

1. Kegiatan akademis dan non-akademis Ketika memilih universitas, ingatlah satu hal bahwa kuliah tak cuma soal kegiatan akademis. Perhatikan pengalaman mahasiswa di suatu universitas.

Baca Juga : Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jakarta

Seperti menemukan tempat kursus yang sesuai dengan minat Anda, pastikan apa yang Anda perhatikan sesuai dengan harapan Anda. Jika Anda tak menyukai lingkungan atau budaya akademis di tempat tersebut, maka berpikirlah ulang karena Anda akan berada di situ 3-4 tahun ke depan.

Fasilitas akademis dan non-akademis yang ditawarkan juga perlu diperhatikan. Ada Universitas Tarumanagara dengan fasilitas akomodasi, akademis, dan hiburan yang berada di satu area. Di sini, Anda akan menghabiskan waktu untuk segala kegiatan yang terkait dengan status Anda sebagai mahasiswa. Tentu saja, Anda akan "dipaksa" lebih fokus dengan tanggung jawab Anda sebagai mahasiswa.

Jika Anda merasa agak sumpek dengan lingkungan universitas tersebut, Anda bisa memilih universitas di kota yang heterogen, tidak hanya ramai karena keberadaan institusi pendidikan. Selain itu, ada pula universitas yang fokus menempatkan Anda dalam komunitas akademis yang lebih intim.

2. Jarak dari tempat tinggal

Jarak dari rumah atau tempat tinggal sering diabaikan dalam memilih sebuah universitas. Jika Anda memang masih ingin tinggal di rumah atau pulang pada akhir pekan, pilihlah universitas yang tidak menghabiskan ongkos terlalu banyak.

Alternatif jika Anda ingin berkuliah jauh dari rumah orangtua adalah tinggal di rumah saudara, di asrama universitas atau nge-kos. Ingat, biaya hidup sehari-hari di luar ongkos tentu akan lebih besar daripada tinggal di rumah orangtua. Namun, jangan khawatir, kampus-kampus selalu menyediakan beasiswa untuk meringankan beban mahasiswa yang berprestasi.

3. Durasi studi

Masukkan durasi studi sebagai pertimbangan dalam memilih universitas yang dituju. Anda mau lulus dalam tiga atau empat tahun? Itu akan membuat Anda mempersiapkan diri pula sejak awal berkuliah.

Baca Juga : Tips Cermat dalam Memilih Jurusan Kuliah

Setiap universitas juga memiliki batas maksimal durasi yang berbeda bagi mahasiswanya untuk menyelesaikan studi. Setiap jurusan juga memiliki kecenderungan durasi kelulusan yang berbeda. Pertimbangkan hal ini sejak awal memilih dengan banyak bertanya.

Banyak universitas yang menawarkan studi akselerasi. Gelar sarjana bisa diambil hanya dalam waktu 3 tahun. Bahkan, sejumlah universitas di Eropa menawarkan program S-1 untuk ditempuh selama 2 tahun saja.

Keuntungannya, Anda bisa menghemat biaya hidup selama kuliah, cepat lulus, dan berpeluang memperoleh pekerjaan terlebih dahulu. Namun, jalur ini membuat Anda kehilangan waktu untuk mengembangkan ide, ketertarikan, dan kehidupan sosial di masa-masa usia kuliah.

Anda juga bisa memilih model kuliah sambil bekerja https://publiclab.org/profile/perguruantinggi/. Biasanya, Anda akan memiliki beban yang lebih besar untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu atau menempuh waktu studi yang lebih lama. Jika Anda ingin menempuh kuliah sambil bekerja, dedikasi dan disiplin yang tinggi wajib Anda miliki.

4. Kenali dengan baik

Jangan asal universitas negeri atau jangan asal kuliah. Jika Anda memutuskan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, cobalah untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai universitas yang Anda tuju.

Jangan sekadar percaya dengan situs web perguruan tinggi tersebut atau rekomendasi-rekomendasi. Anda bisa datang langsung ke bagian konsultasi pendidikan universitas tersebut dan bertanya pada senior atau teman yang lebih dulu berkuliah di universitas tersebut.

Baca Juga : Rumus Penting Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Jika ada, Alan Jones, seorang pengembangan profesional dari UCAS, juga menyarankan para calon mahasiswa untuk menghadiri pameran pendidikan tinggi dan bertemu dengan staf universitas yang bersangkutan. Jones menegaskan, jangan malu-malu menghubungi universitas secara langsung dan mengajukan pertanyaan kepada mereka https://www.amazon.com/gp/profile/amzn1.account.AG3FLUL37YJUSAC7YRIBEW2PJSGA.
10:03 14.10.2019 - 0 Kommentare
Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 Monbukagakusho

Peminat beasiswa S1 Pemerintah Jepang ini cukup tinggi. Monbukagakusho. Dalam beberapa tahun ini beasiswa tersebut rutin ditawarkan, dan tampaknya akan kembali tersedia di 2019 – 2020. Beasiswa Monbukagakusho ditujukan bagi lulusan SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan diploma (D2, D3) dan S1 di universitas-universitas Jepang. Beasiswa tersebut menyediakan pendanaan penuh untuk studi di Jepang, seperti biaya hidup, biaya kuliah, biaya perjalanan, dll. Biasanya beasiswa ini ditawarkan awal Mei.

Baca Juga : Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Beasiswa S1 OTS

Orange Tulip Scholarship atau Beasiswa OTS adalah salah satu beasiswa kuliah Belanda yang rutin ditawarkan. Beasiswa ini selain menyediakan beasiswa pascasarjana, juga tersedia beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Beasiswa OTS untuk S1 salah satu yang berpeluang besar dibuka kembali untuk tahun akademik 2019 – 2020.

Beasiswa S1 di Rusia

Pemerintah Federasi Rusia menyediakan beasiswa S1 bagi mereka yang ingin kuliah di universitas-universitas Rusia. Beasiswa ini membebaskan biaya pendidikan di perguruan tinggi Rusia dan menerima ratusan kandidat asal Indonesia tiap tahunnya. Meski demikian, kebutuhan lain seperti biaya hidup, biaya perjalanan, dll masih harus didanai sendiri atau melalui sponsor. Pendaftaran melalui website Pemerintah Rusia (idn.rs.gov.ru) biasanya sudah bisa dilakukan awal tahun atau Januari. Penjelasan lebih lanjut bisa ditemukan di daftar beasiswa yang dimuat sebelumnya.

Beasiswa S1 Pemerintah Brunei

Salah satu Beasiswa S1 luar negeri yang menawarkan studi S1 diberikan Pemerintah Brunei Darussalam. Pengamatan beasiswa tersebut tersedia tiap tahun dan berpeluang kembali tersedia di 2019 – 2020. Beasiswa S1 dapat diambil di beberapa universitas ternama di Brunei, seperti Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Biasanya pendaftaran awal November.

Beasiswa S1 Ancora – Khazanah

Jika selama ini rutin tersedia, Beasiswa S1 Ancora – Khazanah kemungkinan bakal kembali hadir untuk 2019 – 2020. Skemanya Ancora-Khazanah Asia Scholarship Program. Beasiswa S1 ini kemungkinan akan buka lagi sekitar Oktober atau November. Sasarannya adalah bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan S1 di universitas-universitas terbaik di Malaysia. Beasiswa http://www.divephotoguide.com/user/beasiswas1 diberikan penuh dan menanggung sebagian besar kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket, dll.

Beasiswa S1 di Utrecht University

Utrecht University menawarkan beasiswa kuliah yang ditujukan bagi siswa internasional. Bagi Anda yang berminat melanjutkan kuliah di Belanda, peluang beasiswa S1 dari kampus ini mungkin bisa dipertimbangkan. Beasiswa di Utrecht University tersebut ditawarkan melalui Utrecht Excellence Scholarships. Penerimanya selain memperoleh tanggungan biaya kuliah, juga diberikan tunjangan hidup per tahun sebesar 11.000 Euro. Pelamar tidak perlu mengajukan beasiswa secara terpisah. Saat mendaftar di salah satu program di Utrecht University (www.uu.nl) dan mengisi aplikasi, pelamar diminta untuk menandai beasiswa mana yang diminati. Pendaftaran program sarjana diajukan sebelum 1 April untuk dipertimbangkan dalam beasiswa.

Beasiswa S1 di Korea National University of Arts

Jika Anda ingin mendalami dunia seni, beasiswa kuliah yang disediakan Korea National University of Arts ((K’ARTS) bisa menjadi pilihan menarik. K’ARTS memberikan beasiswa bagi peminat internasional yang ingin studi di kampus mereka. Beasiswa yang diberikan di antaranya meliputi tiket pesawat pp Korea, tunjangan bulanan sebesar 700.000 won, tanggungan penuh kursus bahasa Korea, tanggungan biaya kuliah, asuransi kesehatan, serta perumahan. Pendaftaran biasanya sudah tersedia pada pertengahan tahun melalui laman K’ARTS (http://eng.karts.ac.kr). Cara mendaftar lihat tulisan sebelumnya.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Beasiswa S1 di Qatar University

Qatar University tiap tahun menyediakan beasiswa kuliah S1 yang dapat diikuti oleh pelamar internasional. Bagi Anda yang berminat kuliah di negeri minyak ini, Qatar University menyediakan 400 kuota setiap tahun yang dapat diperebutkan. Beasiswa berupa tanggungan biaya kuliah, selain itu disediakan juga asrama mahasiswa, biaya transportasi ke universitas, serta tiket pesawat tahunan jika ingin pulang ke negara asal. Pendaftaran biasanya sekitar April atau Mei melalui laman Qatar University (www.qu.edu.qa).

Beasiswa S1 di Boston University

Boston University, AS bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengajukan aplikasi beasiswa S1. Ada beberapa pilihan beasiswa kuliah yang tersedia bagi pelamar internasional, seperti Indonesia. Salah satunya Trustee Scholarship. Beasiswa ini full tanggungan biaya kuliah serta biaya wajib lainnya yang harus dikeluarkan saat menjalani studi di Boston University. Pengajuan aplikasi paling lambat 1 Desember setiap tahunnya melalui laman Boston University (www.bu.edu).

Baca Juga : Tips Jitu Untuk Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa S1 di Australian National University

Salah satu universitas yang menyediakan beasiswa kuliah di Australia adalah Australian National University (ANU). Bagi para lulusan SLTA yang berminat mengambil S1 di ANU (www.anu.edu.au) bisa mencoba tawaran ini. Peluang tersedia melalui ANU International University Scholarship. Beasiswa disediakan dalam bentuk tanggungan biaya kuliah (tuition fee) selama durasi program untuk semua bidang studi, serta asuransi kesehatan khusus bagi mahasiswa internasional (OSHC). Umumnya pendaftaran dibuka dua kali setahun dan sudah mulai tersedia pada awal tahun melalui laman universitas http://www.acapela.tv/en/my-account/show/beasiswas1/.
22:48 5.10.2019 - 0 Kommentare
Pada umumnya siswa yang telah lulus dari SMA, SMEA, SMK dan jenjang sederajat lainnya akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri / PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta / PTS. Pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang diambil. Setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda. Jurusan yang memiliki sifat yang serupa akan digabung dalam suatu fakultas, akademi, sekolah tinggi, dan lain sebagainya.

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusa https://worldcosplay.net/member/838980 yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi anda di masa depan.

Cara milih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jrurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.

Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend http://thenet.hatenablog.com/entry/2019/10/05/051148.

Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

3. Lokasi dan Biaya

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang Biaya Kuliah tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi masal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studi anda jika tidak persiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki.

Baca Juga : Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan anda.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja.

Biarkanlah hati dan akal sehat anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan anda. Selamat berjuang.

Tips memilih jurusan di perguruan tinggi

Sebentar lagi masa-masa di SMA/SMK berakhir dan menghasilkan lulusan-lulusan yang bakal menuju jenjang perguruan tinggi atau masa kuliah maupun yang memilih untuk bekerja.

Bagi yang mau melanjutkan kejenjang perguruan tinggi sudah saatnya memikirkan jurusan-jurusan yang bakal di pilih nantinya . tak semua siswa bisa masuk ke perguruan tinggi negeri http://catatanbloggeramatir.edublogs.org/2019/10/04/ptn-dan-pts-produktif-mana/ , atau tidak terpilih sebagai siswa undangan atau yang tidak lulus ujian UNPTN Untuk itu saya ada sedikit saran bagi yang lagi bingung memilih jurusan di perguruan tinggi yang akan di jalani untuk menggapai masa depan, yaitu :

1. Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka Tanya dulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita , jurusan apa yang kita sukai dan yang mampu kita kuasai , apa yang kita bisa karena dengan memilih jurusan yang berdasarkan kemauan , maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng dan kita tidak merasa terbebani, jika masih bingung juga menenentukan pilihan, bagi orang Islam laksanakan sholat tahajud untuk meminta petunjuk dari Allah SWT

2. Jangan penah mengikuti jejak orang lain, jadilah diri sendiri, karena sifat ikut-ikutan tidak akan bertahan lama yang akan membuat kita putus di tengah jalan.

3. Sebelum benar-benar memilih jurusan kuliah khususnya perguruan tinggi swasta, pelajari dulu latar belakangnya, sudah terpecaya atau lihat apakah lulusan perguruan tinggi disana menjanjikan atau tidaknya untuk masa depan kita.

4. Cari info lewat para kerabat kita yang pernah kuliah, tanya mereka semua hal yang menyangkut tentang masa kuliah tesebut,serta tanyakan apa saja yang bisa kita jadikan patokan dalam memilih serta mempersiapkan hal-hal yang harus ada

5. Lihat keuangan keluarga kita, jangan memaksakan keadaan , pilihlah jurusan atau perguruan yang terjangkau oleh keuanga keluarga kita

6. Jangan menyerah pada keadaan, gali terus informasi , banyak bertanya pada yang telah berpengalaman, pasti kita menemukan jalan yang akan membawa mimpi kita menjadi kenyataan.Informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2012

Baca Juga : Tips Memilih Universitas di Jakarta

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruhIndonesia.

Berdasarkan hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis dan keterampilan. Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, bagi calon yang dinyatakan diterima melalui masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya.

Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2012 yang terdiri dari dua bagian, yaitu: Bagian 1 (satu) tentang Jalur Undangan dan Bagian 2 (dua) tentang Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan. Informasi yang disajikan meliputi persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, dan kelompok Program Studi, baik Kelompok IPA maupun IPS, dari 61 Perguruan Tinggi Negeri. Informasi ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti SNMPTN 2012 sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi SNMPTN dengan baik.
RSS Feed aller Mitglieder KV GmbH
Osnabrück
Osnabrück